Jumat, 30 Januari 2015

Tips Rintis Bisnis Bermodal Kecil Untung Besar


Tips rintis bisnis bermodal kecil
Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mantap merintis usaha kecil-kecilan. Mindset dan mental menjadi hal yang paling penting bagi pengusaha baru seperti Anda. Anda wajib mengasah mental dan mindset sebagai pengusaha terlebih dahulu agar Anda tak terperangkap sebagai pedagang saja. 
Nah, agar usaha kecil Anda berkembang dengan baik, ada beberapa tips usaha kecil-kecilan yang bisa Anda terapkan. Pertama tentukan jenis usaha kecil-kecilan yang akan Anda rintis. Karena fokus Anda adalah usaha/ bisnis dengan modal kecil, jadi lupakan jenis bisnis-bisnis yang kiranya di luar perkiraan jumlah modal Anda. Kumpulkan beberapa jenis bisnis yang bisa  dijalankan dengan modal yang kecil. kemudian Anda pilih salah satu bisnis yang sesuai dengan minat dan bidang Anda. Bisnis kuliner seperti angkringan ataiu warung bakmi, misalnya, adalah dua contoh bisnis kuliner yang hanya membutuhkan 2 sampai 5 juta saja sebagai modalnya.

Kebutuhan akan modal untuk bisnis
Tips usaha modal kecil yang kedua adalah tentukan jumlah modal yang Anda butuhkan. Setelah Anda sudah menemukan jenis bisnis yang akan Anda jalankan, pastinya Anda sudah memiliki perkiraan budget yang dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda tersebut. Agar lebih yakin, Anda bisa survey soal harga-harga kebutuhan property yang Anda butuhkan nanti. Misalnya harga gerobak angkringan sekian ratus ribu, tikar-tikar untuk tempat lesehan sekian ratus ribu rupiah, instalasi listrik untuk tenda membutuhkan sekian ratus ribu rupiah, tenda-tenda harganya sekian ratus ribu rupiah, belanja bahan-bahan makanan telah menghabiskan biaya sekian ratus ribu rupiah, dan masih banyak alokasi biaya lainnya. Lalu Anda jumlah keseluruhannya. Angka total yang Anda dapatkan adalah perkiraan jumlah modal awal yang Anda butuhkan.

Tips bisnis modal kecil yang ketiga yaitu libatkan keluarga/ kerabat/ teman/ tetangga dekat untuk membantu Anda menjalankan bisnis Anda sementara Anda sibuk di tempat kerja Anda. Anda juga bisa merekrut teman atau tentangga Anda sebagai karyawan yang siap membantu pengelolaan bisnis Anda.  Kiat bisnis modal kecil yang terakhir adalah dengan memanfaatkan teknologi yang Anda miliki. Selain promosi secara manual (dari mulut ke mulut), Anda juga bisa mempromosikan bisnis Anda secara online. Misalnya dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook dan Twitter. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar